About

Pages

Minggu, 07 Oktober 2012

10 gurun terluas didunia

Di bawah ini adalah daftar 10 gurun terluas di dunia versi Blog. Inilah daftar 10 gurun terluas :

1. Antarctica Desert
Antartika memiliki luas permukaan sekitar 14.000.000 km²(5,5 juta mil persegi), yang membuatnya sebagai gurun terluas di dunia. Gurun Antarktika ditutupi oleh es yang sangat dingin sehingga suhunya mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas.

2. Sahara Desert
Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika "yang sejatinya". Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km².

3. Arabian Desert
Gurun Arab merupakan gurun padang pasir yang luas terbentang dari Yaman ke Teluk Persia dan Oman untuk Yordania dan Irak. Gurun itu menempati sebagian besar Semenanjung Arab dengan luas 2.330.000 km² atau (900.000 mil persegi).

4. Gobi Desert
Gobi adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia. Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya , dan oleh dataran Cina Utara di sebelah tenggara. Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia dengan luas 1.300.000 km².

5. Kalahari Desert
Gurun Kalahari adalah gurun yang terdapat di bagian selatan Afrika dengan luas 900,000 km² (362,500 sq. mi.) yang meliputi sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia serta Afrika Selatan. Gurun Kalahari merupakan semi gurun dengan bagian kering dan terdapat padang rumput setelah terjadinya hujan. Curah hujan di Gurun Kalahari mencapai 3-7 1/2 inchi per tahun.

6. Pantagonian Desert
Gurun Patagonia, juga dikenal sebagai Stepa Patagonia, adalah padang pasir terbesar di Amerika dengan luas 673.000 km² (260.000 mi ²). Gurun ini terletak terutama di Argentina dengan bagian-bagian kecil di Chili dan dibatasi oleh Andes, di barat, dan Samudra Atlantik di sebelah timur, di wilayah Patagonia, Argentina selatan.

7. Great Victoria Desert
The Great Victoria adalah padang pasir terbesar di Australia dan terdiri dari banyak sandhills kecil, dataran padang rumput, dan danau garam. Gurun ini lebih dari 700 kilometer (430 mil) luas (dari barat ke timur) dan meliputi wilayah 424.400 kilometer persegi (163.900 sq mi) dari wilayah ladang emas Timur Barat Australia pegunungan Gawler di South Australia. Suhu siang hari berkisar 32-40 ° C (90 sampai 104 ° F) sementara di musim dingin, suhunya mencapai 18-23 ° C (64-73 ° F).

8. Thar Desert
Gurun Thar atau Gurun Besar India, adalah sebuah wilayah, daratan kering di bagian barat laut anak benua India. Dengan luas lebih dari 200.000 km2 (77.000 mil persegi.), gurun itu menjadi padang pasir subtropis 9 terbesar di dunia. Gurun ini terletak sebagian besar di negara India, Rajasthan, dan meluas ke bagian selatan negara bagian Haryana dan Punjab dan menjadi negara bagian utara Gujarat. Di Pakistan, padang pasir timur mencakup provinsi Sindh dan bagian tenggara propinsi Punjab Pakistan. Gurun Cholistan berdekatan gurun Thar menyebar ke propinsi Punjab Pakistan.

9. Syrian Desert
Gurun Syria, juga dikenal sebagai gurun Siro-Arab adalah kombinasi dari padang dan gurun sejati yang terletak di utara mencakup Semenanjung Arab. Gurun ini merupakan bagian dari Al-Hamad, yang mencakup bagian dari Suriah, Irak, Yordania dan Arab Saudi. Gurun ini memiliki luas 520.000 km2.

10. Takla Makan Desert
Gurun Taklamakan atau juga dikenal sebagai Taklimakan, adalah sebuah gurun di Asia Tengah, di Daerah Otonomi Xinjiang Uyghur dari Republik Rakyat Cina. Gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Kunlun di selatan, dan padang pasir Pegunungan Pamir dan Tian Shan (Gunung kuno Imeon) di bagian barat dan utara. Gurun ini memiliki luas sekitar 480.000 km2.

Mungkin daftar di atas memang salah, atau tidak sama dengan yang lain. Jika ada kesalahan atau kekeliruan boleh di komen dibawah ini untuk mengkoreksi artikel ini. Terima kasih.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...