About

Pages

Selasa, 06 November 2012

9 Festival Unik di Dunia

1. Berlin Wasserschlacht Festival

Dalam bahasa Jerman, Wasserschlacht adalah perang air. Festival ini digelar di Oberbaumbrucke, sebuah jembatan di Berlin yang menghubungkan antara Distrik Friedrichshain dengan Distrik Kreuzberg.

Awalnya, pertempuran air ini memang biasa saja. Dua kubu saling melempar balon berisi air. Akan tetapi, lama kelamaan benda yang dilempar bukan lagi balon, melainkan apa saja yang ada di dekat mereka. Hati-hati jika ingin menyaksikan festival ini, sebab jika tidak Anda bisa saja terkena lemparan telur busuk, tepung, buah-buahan, daging mentah, dan popok kotor. Hiii!

Acara ini rutin dilaksanakan sejak tahun 1998. Biasanya, Berlin Wasserschlacht Festival diikuti oleh hampir 1.000 peserta. Namun pada tahun 2011 lalu, peserta membludak hingga mencapai 5.000 orang. Akhirnya festival ini dibatalkan dengan alasan keselamatan peserta di atas jembatan.

2. Mwaka Kogwa

Mwaka Kogwa adalah perayaan empat hari berturut-turut yang digelar di Makunduchi, sebuah desa di bagian selatan Zanzibar, Tanzania. Ratusan orang bersenjata melakukan gerakan layaknya perang sungguhan. Uniknya, bukan senjata tajam atau senjata api yang mereka bawa, tapi batang pohon pisang.

Acara ini dilaksanakan untuk merayakan tahun baru Syirazi, penanggalan masyarakat Afrika Timur. Perang-perangan tersebut dimaksudkan untuk membuang perbedaan pendapat dan kesalahpahaman yang terjadi di tahun lalu sehingga tahun yang baru bisa dimulai dengan hati yang bersih.

Festival ini diikuti oleh semua kalangan. Pria dewasa mengambil alih peperangan, sedangkan wanita dan anak-anak berjalan mengelilingi area perang sambil menyanyikan lagu-lagu tentang kehidupan dan cinta.

3. Aomori Nebuta Festival

Aomori Nebuta Festival adalah acara musim panas yang berlangsung di Aomori, Jepang. Ini adalah festival arak-arakan keliling kota dengan membawa lampion kertas yang dihias menyerupai tokoh-tokoh sejarah Jepang.

Seharusnya, lampion-lampion tersebut diarak oleh anak-anak. Akan tetapi, satu lampion berukuran 22 meter saja beratnya bisa mencapai 17 ton. Oleh karena beratnya, Aomori Nebuta Festival tidak lagi melibatkan anak-anak sebagai peserta utamanya.

Butuh waktu yang lama untuk bisa menghasilkan sebuah lampion berukuran raksasa ini. Setidaknya diperlukan waktu satu tahun untuk bisa mendesain lampion dan mengecatnya hingga selesai. Maka tak heran jika karya seni bernilai tinggi ini kemudian menjadi tontonan favorit bagi wisatawan mancanegara di Jepang.

4. Jersey Battle of Flowers

Terdengar agak lucu memang, sebuah festival pertempuran tapi melibatkan bunga yang berwarna-warni. Namun, itulah yang terjadi di Pulau Channel, Jersey. Negara kecil di sebelah barat laut Prancis ini memiliki festival unik yang diberi nama Jersey Battle of Flowers.

Ini adalah festival kendaraan perang hias yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang cantik. Kendaraan tersebut akan dibawa keliling kota. Awalnya, kendaraan hias tersebut akan dilempari bunga oleh penonton, tapi lama kelamaan sepertinya terlalu sayang untuk merusak hasil karya seni yang indah itu.

5. La Tomatina

La Tomatina adalah festival lempar tomat di Kota Bunol, Valencia, Spanyol yang akan membuat semua orang berlumuran hancuran tomat. Puluhan ton tomat matang dijadikan bahan utama untuk festival perang ini.

Festival ini berawal dari pertikaian antar pemuda dan polisi pada tahun 1944. Para pemuda menjadikan tomat sebagai senjata dan melemparnya ke polisi. Bertahun setelahnya, pertikaian tersebut dibuat semacam festival.

Setiap orang bisa langsung saling melempar tomat. Namun tomat harus diremas dahulu agar tidak menyakiti objek yang dilempar. Semua peserta festival juga harus memberi jalan kepada truk atau gerobak yang membawa tomat. Keseruan festival ini tidak hanya dinikmati penduduk setempat, tapi juga turis mancanegara. Setidaknya ada 30.000 peserta setiap tahunnya yang akan jadi monster merah karena terkena tomat.

6. La Raima

Selain perang tomat, Spanyol juga punya festival perang buah unik lainnya. Adalah La Raima, perang anggur yang biasa berlangsung setahun sekali di Kota Pobla del Duc, Valencia. Di tengah teriknya matahari saat musim panas, masyarakat di sini malah asyik melempari tetangga dan kerabatnya dengan buah anggur.

Untuk bisa terlaksana, La Raima setidaknya memerlukan 90 ton buah anggur segar. Sama halnya dengan festival tomat, anggur-anggur tersebut nantinya juga akan dilempar secara sembarang ke berbagai arah oleh peserta festival. Dulu, acara ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah. Namun saat ini La Raima menjadi festival yang sangat ditunggu oleh masyarakat Valencia.

7. Burning Man

Burning Man adalah festival seni liberal yang digelar di Black Rock Desert, wilayah tandus di utara Nevada, AS. Seminggu terakhir di bulan Agustus, masyarakat di sini biasa menggelar acara seni tahunan ini. Festival ini dilangsungkan sepanjangan malam. Pesertanya menampilkan tari-tarian, layang-layang hias, hingga fashion show.

8. Humungus Fungus Festival

Kalau yang satu ini adalah perayaan dari armillaria gallica, salah satu jamur terbesar di dunia. Jamur tersebut ditemukan pada awal tahun 1990. Acara yang diberi nama Humungus Fungus Festival berlangsung di Crystal Falls, Michigan, Amerika Serikat.

Acara utama dari festival ini adalah membuat dan menikmati pizza homungus berukuran 3x3 meter. Akan tetapi, ada juga kegiatan lain seperti kompetisi orang paling kuat, balap motor, serta turnamen tapak kuda. Tidak ketinggalan bazar barang-barang bekas dan parade keliling kota.

9. La Pourcailhade

Festival unik lainnya juga ada di Kota Trie-sur-Baise, Prancis. Acara berjuluk La Pourcailhade ini adalah festival babi yang diadakan setiap tahun di bulan Agustus. Rangkaian kegiatan di dalam festival ini melibatkan semua yang berkaitan dengan babi.

Kontes kecantikan babi peliharaan, lomba makan babi, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada sebuah perlombaan yang sangat populer yang dikenal dengan nama Le Championnat de Prancis du Cri de Cochon atau kejuaraan suara babi di Prancis. Untuk bisa mengikuti lomba ini, pesertanya harus mengenakan kostum layaknya seekor babi lengkap dengan hiasan hidungnya. Mereka kemudian akan menyerupai suara babi. Siapa yang paling mirip dan lantang, itulah pemenangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...